workshop: sketsa



Apa saja yang harus ditentukan sebelum memulai sketsa?

Sebelum memulai sketsa, perlu dilakukan pemilihan objek dan penentuan frame objek ke dalam kertas. Untuk menentukan frame perlu diperhatikan angle, durasi, serta proporsi dari objek utama, background, dan foreground.

Bagaimana alur kerja dalam mensketsa?

Sketsa dimulai dengan membuat outline garis, yang kemudian diikuti oleh pembentukan dimensi yang terdiri dari kedalaman dan keruangan. Lalu dilanjutkan dengan detail dan finishing, yang bergantung pada style sketsa itu sendiri.

Bagaimana peran sketsa dalam dunia arsitektur?

Sketsa berfungsi untuk menyampaikan ide kepada orang lain. Dengan berlatih sketsa, kita mengasah sensitivitas dalam cara merepresentasikan ide yang ingin disampaikan.



Bagaimana peran sketsa dalam pendokumentasian arsitektur vernakular?

Dalam arsitektur vernakular, tidak ada arsitek yang terlibat dalam pembangunan ruang arsitekturnya, sehingga tidak ada sumber gambar kerja yang dapat dijadikan referensi. Maka dari itu, diperlukan pengamatan dan pemahaman tentang manusia dan ruangnya itu sendiri, yang dapat dilakukan dengan mensketsa.

Dalam pendokumentasian arsitektur vernakular, bagaimana pertimbangan prioritas dalam mensketsa?

pada targetan materi per harinya, utamakan yang esensial baru kemudian tambahkan detail. Cermati apa yang menjadi elemen esensi dari suatu topik, seperti pergerakan manusia, tekstur, material, dan lainnya.