workshop: mapping



Peran Mapping Dalam Pendokumentasian Arsitektur Vernakular

Jika foto hanya menangkap gambar dalam satu waktu, mapping dapat merekam informasi dengan rentang waktu yang berbeda. Pengambilan data yang sama dengan berbagai rentang waktu yang berbeda dapat memberikan data yang lebih akurat serta berpotensi untuk menunjukkan perubahan informasi pada tiap-tiap rentang waktu.

Peran Pencarian Informasi Pra-Penelitian dan Kegunaannya di Lapangan

Cukup krusial untuk menentukan kondisi disana bagaimana. Yang paling mudah adalah mencari data dari google maps untuk mengetahui cakupan luasan sebagai basis, sisanya data yang kita bawa dapat digunakan untuk crosscheck dengan masyarakat disana.



Pentingnya Petunjuk Teknis Terhadap Luaran Mapping

Dalam pendokumentasian arsitektur vernakular, juknis dijadikan acuan akan topik apa yang perlu dicari di lapangan, serta untuk membantu dalam menentukan skala prioritas dan timeline dalam proses pengerjaan. Namun sebenarnya banyak topik yang dicari adalah hal-hal yang baru ditemukan ketika sudah sampai di lokasi.

Skala Dalam Metode Mapping

Membuat mapping dalam skala makro dan mikro. Skala makro terdiri dari penentuan batas dan patokan untuk menentukan ruang lingkup pemetaan, membuat blok plan, serta men-tracing informasi baru yang lebih mendetail. Sedangkan, skala mikro mencakup elemen-elemen mendetail yang membutuhkan kepekaan, seperti event yang terjadi di dalam rumah, pergerakan manusia dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, dan sebagainya.

Sistem dan Tips yang Dianjurkan Dalam Pendokumentasian Arsitektur Vernakular

Dianjurkan untuk membuat mapping satu gambar untuk satu topik. Barulah ketika akan diolah, data dapat disatukan menjadi satu mapping jika memang topiknya relevan. Hal ini dilakukan untuk mencegah tertinggalnya informasi detail.

Pengambilan mapping tidak hanya terbatas pada apa yang kita lihat saja, namun informasi yang didapat dari hasil wawancara pun dapat dijadikan data untuk mapping. Koordinasi antar divisi menjadi penting, terutama dalam menerjemahkan informasi dari hasil wawancara ke dalam bentuk visual.

Farah F S
Alifiyah Nabila
Naufal Mahdyan
Zalfa Salsabila