workshop: foto



Perspektif yang Perlu Dipahami Dalam Mengambil Gambar Sebuah Objek

Fotografer yang baik adalah mereka yang dapat menyampaikan apa yang ingin dikomunikasikan lewat foto. Maka, Sudut pandang bukan masalah tentang angle, namun untuk memahaminya harus paham terlebih dahulu orientasi cerita yang ingin diambil.

Konsep Penting yang Perlu Diperhatikan

Keyword, dengan Menggali pertanyaan seperti what, why, when, where, who matters to you? Dari situ dapat menjawab noun, verb, adjective dalam bentuk foto. Contoh: noun: air, verb: mandi, adjective: sejuk.

Menemukan Cara Mengkomposisikan Gambar Dengan Baik

Setelah menjawab noun, verb & adjective, disinilah tahap editing dan pengambilan foto sebagai bentuk eksperimen langsung untuk menemukan tipe foto yang sesuai. Kuncinya adalah jangan ragu untuk tetap bereksperimen.

Memahami Kesesuaian Foto Dengan Cerita

Dengan memilih teknik yang tepat supaya informasi yang disampaikan sesuai dengan sasaran, ini pun lagi lagi dapat diperkaya dengan selalu mengasah foto dengan teknik yang berbeda beda.



Kesadaran Terhadap Momen dan Informasi

Jauh sebelum itu, riset menjadi hal penting untuk dapat memproyeksikan materi apa yang tersedia, awareness terhadap informasi dan momen dapat bertambah seiring sense terhadap orientasi materinya sudah dipahami dengan baik.

Cara Meng-handle Kamera Dengan Baik

Ketahui medan daerah yang ingin dijadikan kawasan dokumentasi, proyeksikan ketersediaan listrik, kesesuaian dengan jumlah baterai, perawatan dalam kelembaban cuaca. kurangi melihat hasil foto langsung di kamera, bekerja dalam tim dapat mempermudah organisasi penggunaan kamera dengan hemat.

Peran Foto Dalam Proses Pengambilan Data

Foto dapat dipahami sebagai tools yang praktis digunakan ketika tim sketsa / mapping / wawancara mengalami kesulitan, hasil foto selain hanya untuk keperluan konten, foto juga dapat sebagai jembatan untuk mengaitkan informasi bagi divisi lainnya

Cara Mengambil Gambar Seseorang yang Tidak Dikenal (stranger)

Pertama adalah dengan mengerti adab dan kondisi yang berlaku terlebih dahulu. Jangan lupa selalu senyum serta sopan santun. Jangan takut untuk mengambil gambar, terkadang nekat juga menjadi hal penting di beberapa kondisi.

Alifiyah Nabila Universitas Indonesia (Simulasi Foto)
Sekar Ayu D Universitas Indonesia (Simulasi Foto)
Alifiyah Nabila Universitas Indonesia (Simulasi Foto)
Salmahira Lazuardi Universitas Indonesia (Simulasi Foto)
Sekar Ayu D Universitas Indonesia (Simulasi Foto)