workshop: arsitektur vernakular



Apa yang dimaksud arsitektur vernakular? Apakah ada kaitannya dengan arsitektur tradisional?

Pengertian arsitektur vernakular ini adalah buildings of the people, harus sesuai dengan lingkungan. Arsitektur vernakular tidak sama dengan arsitektur tradisional. Arsitektur tradisional adalah salah satu model atau bentuk dari arsitektur vernakular. Anda akan melakukan ekskursi ke pemukiman tradisional untuk dokumentasi arsitektur tradisional dengan pendekatan arsitektur vernakular. Tradisional adalah kebiasaan yang berulang-ulang, vernakular tidak harus tradisional. Namun, akan selalu ada modifikasi, setiap tahun terdapat evolusi.

Apa saja elemen yang mempengaruhi Arsitektur vernakular / tradisional?

Terdapat tiga hal yang mempengaruhi ars tradisional/vernakular, yaitu unsur sosial, budaya, dan teknologi. Kepercayaan dalam budaya mempengaruhi bentuk arsitektur. Aturan kosmologi juga mengatur konstruksi dari bangunan. Teknologi yang digunakan adalah warisan pengetahuan atau ada budaya lain yang diadopsi. Selain itu dapat dipahami dimana dalam strata sosial terdapat kaum bangsawan, pemuka agama, masyarakat kategori biasa, atau budak yang akan diekspresikan oleh bangunan atau rumah yang berbeda kelasnya.

Perspektif yang perlu dipahami dalam melihat arsitektur vernakular?

Pada dasarnya kita harus terlebih dahulu membuang perspektif kita dalam memahami standar berkehidupan di perkotaan karena lokalitas dari aspek konteks lingkungan, alam, sosial budaya setempat, mempunyai nilai nilai luhur yang sudah hilang di masyarakat modern.

Kenapa kita harus memahami arsitektur vernakular?

Karena banyak nilai-nilai luhur yang ada di masyarakat modern itu sudah hilang, rumah di masyarakat urban hanya sebagai tempat saja, tidak menjadi sakral lagi. Sedangkan nilai-nilai arsitektur tradisional diturunkan dari generasi sebelumnya. Nilai inilah yang hilang di zaman modern dan juga banyak masyarakat tradisional tidak mempertanyakan lagi karena sifatnya hanya sudah menjalankan nilai-nilai luhur.

Jadi apabila arsitektur vernakular ini hilang, kita akan kehilangan identitas dan keperluan melestarikan. Karena lahir dan besar di daerah urban, kita tidak terlalu memikirkan hal-hal animisme dan lebih mengarah ke kapitalisme.



Bagaimana arsitektur vernakular bekerja dalam suatu konteks wilayah?

Unsur geografi mempengaruhi bentuk rumah dan membentuk identitas orang atau penduduknya. Contohnya masyarakat pesisir lebih terbuka daripada yang di daerah pegunungan karena di daerah pegunungan lebih sulit bertahan hidup dan di daerah pesisir lebih cepat dan mudah bertemu budaya yang lewat sehingga lebih terbuka terhadap budaya baru dan pandangan baru.

Bagaimana tahapan memahami data lapangan mengenai arsitektur Vernakular?

Dengan selalu observasi lingkungan dimana sejarah dicatat, spasial organisasi semuanya dicatat. Carilah manifestasi dari makna-makna, misal simbolik dari makna itu.

Apa yang perlu di didokumentasikan arsitektur vernakular ketika di lapangan?

Dalam mendata bangunan, gunakan pemetaan karena bisa memberikan input yang sangat banyak, seperti bagaimana ruang digunakan dan hubungan dengan alam dan seterusnya. Biasanya kita fokus ke pemetaan organisasi ruang, bagaimana ruang itu dibagi dan digunakan, serta bagaimana aktivitas fisik itu ada. Apakah ada klasifikasi ruang sakral atau ditandai dengan apa ruang itu? Apakah ada hubungannya dengan daur hidup dari anak kecil sampe jenazah di dalam ruang tersebut?

Bangunan bukan hanya ketika ruang digunakan, tetapi juga bagaimana dia mempengaruhi proses pembangunan rumah tersebut. Bagaimana rumah tradisional dibangun dan digunakan beriringan dengan waktu. Kita bisa melihat urutan dari pembangunan rumah tersebut, maka akan muncul ritual yang mungkin ada pada tahap pembangunan rumah. Keterampilan dan kemampuan membangun rumah/bangunan akan terlihat dari konstruksi, bahan lokal, kebiasaan dan teknik lokal mereka sendiri.

Kenyamanan di dalam bangunan sangat gelap, terang atau pengaliran udara dan lain-lain bisa menceritakan tradisi asli mereka. Tidak harus menjadi rumah sehat seperti yang kita kira sekarang. Apakah aspek kenyamanan atau lainnya ada kaitannya dengan leluhur/nenek moyang? Karena kenyamanan bangunan yang ada (rumah ars tradisional) mungkin berbeda dengan yang kita tahu sekarang dimana bukaan atau material mendukung kepercayaan atau mereka.