1. Rangkaian Workshop Persiapan Keberangkatan Tim Besar Ekskursi Orang Laut

    April - Mei 2019
  2. Workshop Introduksi Orang Laut dan Arsitektur Vernakular

    6 April 2019

    Pada Sabtu, 6 April 2019 telah dilaksanakan workshop perdana persiapan keberangkatan Tim Besar Ekskursi Arsitektur UI 2019. Workshop yang bertemakan “Introduksi Orang Laut dan Arsitektur Vernakular” ini diisi oleh pembicara Rini Suryantini, S. T., M. Sc. dan Jimmy Lumenta, S. Th.

    Pada workshop ini, calon Tim Besar mendapatkan materi tentang arsitektur vernakular secara umum dan perkenalan tentang suku yang akan didatangi, yaitu Orang Suku Laut agar memiliki pengetahuan dasar sebelum keberangkatan di bulan Juni 2019.

  3. Workshop Metode Observasi dan Mapping

    13 April, 2019

    Pada Sabtu, 13 April 2019 telah dilaksanakan workshop kedua persiapan keberangkatan Tim Besar Ekskursi Arsitektur UI 2019. Workshop yang bertemakan “Metode Observasi dan Mapping” ini diisi oleh Frista Puspita Marchamedya S. Ars yang dulunya merupakan Wakil Kepala Bidang Materi Ekskursi Arsitektur UI 2017 Bima, serta Dwiki Febri Ristanto dan M. Rendy Abdillah yang dulunya merupakan Kepala dan Wakil Kepala Bidang Materi Ekskursi Arsitektur UI 2018 Seram.

    Melalui workshop ini, calon Tim Besar mendapatkan materi tentang mapping arsitektur dan teknik-tekniknya sebagai persiapan sebelum keberangkatan. Setelah pemaparan ateri, kegiatan dilanjutkan dengan simulasi oleh peserta workshop yang dilakukan di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

  4. Workshop Sketchwalk

    20 April, 2019

    Pada Sabtu, 20 April 2019 telah dilaksanakan workshop ketiga persiapan keberangkatan Tim Besar Ekskursi Arsitektur UI 2019 yang bertemakan “Sketsa”. Workshop ini diisi oleh urban sketcher Yandi Prayudhi (@yandi.p) dan Luthfi Eryando, Project Officer Ekskursi Arsitektur UI 2016 Sabu-Raijua.

    Workshop diawali pemaparan materi dari Yandi P. mengenai urban sketching dan teknik-tekniknya kepada peserta. Selanjutnya, Luthfi Eryando melengkapi materi tentang sketsa dalam Ekskursi Arsitektur UI yang berfokus pada pendokumentasian arsitektur vernakular. Setelah itu, peserta melakukan simulasi sketching di sekitar lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia dan ditutup dengan diskusi serta feedback dari pembicara.

  5. Workshop Film dan Foto

    27 April 2019

    Pada tanggal 27 April 2017 Ekskursi mengadakan Workshop bertemakan “Foto dan Film” yang diisi oleh dua pembicara yaitu Mahatma Putra, sutradara Anatman Pictures, sebagai pembicara film dan Achmad Soerio Hutomo, co-founder Seamless Creative yang sebelumnya merupakan tim Ekskursi Arsitektur UI 2018 Seram, sebagai pembicara foto.

    Materi pertama pada workshop adalah teknik pengambilan foto agar dapat memberikan informasi yang dibutuhkan serta hal-hal yang sebaiknya dilakukan dalam proses persiapan, produksi, dan pasca produksi.

    Materi kedua mengenai film diisi oleh pembicara kedua yaitu Mahatma Putra. Pembicara kedua menjelaskan mengenai teknis perfilman, dan juga membahas mengenai project dokumenter yang pernah digarap. Pembicara juga mengajak tim Film Ekskursi Arsitektur UI 2019: Orang laut untuk berdiskusi interaktif mengenai teknik penggunaan kamera.

    Dengan diadakan Workshop ini diharapkan wawasan peserta mengenai “Film dan Foto” dapat bertambah dan bermanfaat saat keberangkatan Tim Besar pada bulan Juni 2019.

  6. Workshop Survival dan P3K

    11 Mei, 2019

    Pada Sabtu, 20 April 2019 telah dilaksanakan workshop kelima persiapan keberangkatan Tim Besar Ekskursi Arsitektur UI 2019 yang bertemakan “Survival dan P3K”. Workshop ini diisi oleh Naufal Pratama yang berasal dari KAPA FTUI.

    Pada workshop ini, pembicara memaparkan materi berupa teknik-teknik survival dan P3K terutama dalam kondisi perairan, yang menyesuaikan dengan destinasi dari Ekskursi Arsitektur UI 2019: Orang Laut. Setelah workshop ini, diharapkan peserta yang merupakan calon Tim Besar Ekskursi Arsitektur UI 2019 lebih siap untuk keberangkatannya di bulan Juni-Juli 2019